Berburu Durian Kaligesing, Surga Duren yang Sesungguhnya

Bagi pecinta durian lokal bisa jadi berburu durian kaligesing adalah pilihan terbaik. Bagaimana tidak, saat berada di wilayah ini sepanjang mata memandang bisa menemukan ratusan durian siap panen.

berburu durian kaligesing

Khususnya saat berada di Blimbing, Hardimulyo. Satu wilayah menurut saya pribadi wilayah ini adalah salah satu titik tertinggi di Kaligesing. Begitu mudah menemukan durian dan harganya pun sudah jauh berbeda saat saya harus makan di Jogja.

Blimbing adalah satu dusun dimana saya dilahirkan. Di tempat ini saya merasakan bagaimana beratnya tinggal di daerah pegunungan. 

Di mana saat saya kecil merasakan harus berjalan berkilo-kilometer untuk tiba di sekolah. Naik turun bukit, menyeberangi sungai menjadi satu yang lumrah.

Namun dibalik itu semua wilayah ditempat kami kaya akan hasil bumi dan salah satunya tentu saja buah durian. Buah yang konon terkenal mahal ini menjadi satu barang yang biasa saja.

Bahkan bila mau saya bisa makan hingga belasan atau puluhan buah dengan mudah. Hanya saja sesuatu yang berlebihan tentu tak baik juga dan rasa akan berubah seperti biasa.

Baca juga: Siwarong Coffee Tempat Nongkrong ala Cafe Murah Meriah

Berburu Durian Kaligesing

Sementara itu masa dewasa saya lebih banyak dihabiskan di kota besar (Jakarta) dan saat ini tinggal di Jogja. Tentu menjadi sesuatu yang mengasikan bila saatnya berburu durian Kaligesing.

Datang ke Kaligesing pada pagi hari dan pulang sore hari. Atau kadang stay di Kaligesing hingga 1x24 jam hingga 36 jam saja. Selama di tempat ini pula hanya untuk memanjakan lidah bersama durian.

Bila dulu jalan yang harus dilalui lumayan terjan tapi kini tidak lagi. Apalagi setelah menemukan jalur emas via Samigaluh, jalan makin mulus wus wus.

Atau paling mudah perjalanan bisa dimulai dari perempatan Tugu lurus ke arah Godean. Masih lanjut hingga perempatan Gedongan dan ambil ke kanan.

Sekitar 3 kilometer ambil kiri dan akan tiba sampai kantor Kecamatan Minggir dan lanjut hingga perempatan Dekso. Dari tempat ini perjalanan sesungguhnya baru akan dimulai dimana naik turun bukit akan terus ditemukan.

Bila ingin satu objek wisata yang menarik dan beda saat tiba di akhir Samigaluh bisa ambil kanan dan masuk Nglinggo. Namun tetap hati harus fokus untuk menuju ‘durian’ dan ambil kiri untuk tiba sampai perempatan berikutnya.

Selanjutnya masuk arah Purworejo dan siap-siap akan menemukan turunan tajam hingga berkilo-kilo meter. Pastikan motor dalam kondisi prima karena bisa jadi bila oleng maka perjalanan akan terhenti.

Masuk jembatan Sedayu 3 dan ambil kiri maka akan ditemukan Kantor Kecamatan Loanoa. Tak jauh dari tempat ini ada SD Kembaran dan naik ke arah Kaligesing. Ikuti jalan yang ada dan akan tiba di Dusun Blimbing, Desa Hardimulyo, Kecamatan Kaligesing.

Aneka Jenis Durian Bisa Ditemukan

Saat berada di Kaligesing maka kita akan menemukan berbagai jenis durian. Tak hanya durian lokal saja tapi ada juga durian montong dan lain-lain.

Meski tidak mengetahui secara pasti jenis-jenis durian dan apa namanya tapi saya bisa membedakan kalau ada banyak jenis durian di sini. Hal ini terlihat dari rasa, bentuk dan warna yang ada.

Bagi saya pribadi durian lokal yang pada umumnya miliki ukuran lebih kecil dan berwarna hijau miliki rasa yang lebih istimewa. Selain ada rasa manis ada juga aroma wangi yang membuat kita yakin durian ini benar-benar tiada duanya.

Posting Komentar untuk "Berburu Durian Kaligesing, Surga Duren yang Sesungguhnya"