Doa Bebas Utang

Tahun 2024 telah dimulai dan perjalanan sesungguhnya pun telah berjalan. Ada banyak harapan dan resolusi tersematkan. Dan bagi saya pribadi bebas utang adalah resolusi terbaik dan paling ada didepan mata.

doa bebas utang
republika.co.id

Maklum saja, terhitung sejak Mei 2022 saya memutuskan untuk mengambil pinjaman di bank. Baik itu melalui kartu kredit maupun Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI.

Alasannya jelas, proses membangun rumah yang tak sedikit membuat saya harus berpikir bagaimana memenuhi kekurangan yang ada. Akan menjadi aneh bukan bila rumah belum layak huni dan pembangunan dihentikan.

Tak ingin berlarut, bila dalam beberapa bulan terakhir menikmati proses mencicil yang ada. Tapi kini sebisa semua itu diselesaikan.

Entah bagaimana solusinya saya pribadi belum tahu. Hanya percaya bahwa Tuhan itu maha pengasih dan maha penyayang. Mungkin dengan doa yang tepat maka utang akan segera terlunasi.

Baca juga: Tahun Baru yang Biasa Saja

Utang bukan Lagi sebagai Pemicu Adrenalin

Bila dulu utang dianggap sebagai pemicu adrenalin tapi kini tidak lagi. Sering ada anekdot kalau tidak ada utang maka kurang ada semangat hidup.

Ide berburu doa bebas utang ini terbersit saat ada kawan bercerita. Ketika dia lupa menaruh sesuatu pun ada doa yang khusus dan spesifik, barang siapa mempraktikan maka kun fayakun.

Bukan bermaksud sok religius, hanya saja pada dasarnya kita itu kan mahluk spiritual dimana bila ada hal yang tidak bisa diselesaikan bisa dimintakan pada yang kuasa. Iya, mungkin selama ini saya terlalu sombong dan tidak memohon yang satu ini.

Selama ini setiap kali berdoa hanya lebih banyak memohon untuk diberikan kesehatan bagi seluruh anggota keluarga. Selanjutnya memohon untuk diberikan kemudahan atas semua masalah yang ada.

Mungkin bisa jadi doa ini kurang spesifik karena benar saja pada akhirnya Tuhan memberikan kesehatan dan kemudahan. Tapi tidak untuk berakhirnya utang yang telah membelit hampir 20 bulan ini.

Ternyata pada akhirnya harus mengakui punya utang itu tidak enak. Puncaknya pada 2 hingga 3 bulan ini dimana ada beberapa tagihan yang jatuh secara bersamaan. Membuat otak harus berpikir lebih, atur strategi untuk bisa melalui semua itu dengan baik. 

Doa Bebas Utang 

Dikutip dari beberapa sumber, sejatinya ada banyak doa bebas utang. Namun doa ini saya pilih karena menjadi rujukan dari beberapa ulama dan bahkan nabi pun pernah mengajarkannya.

Dikutip dari laman Republika, pada satu waktu ada salah seorang sahabat nabi yang diketahui bernama Abu Umamah. Ia berada di luar masjid dengan tatapan kosong dan Rasulullah pun bertanya, "Wahai Abu Umamah, aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu shalat, apa yang terjadi denganmu?" 

Dan Abu Umamah pun menjawab, "Ya Rasulullah, saat ini aku dalam kesulitan membayar utang."

Tak perlu waktu lama Nabi Muhammad SAW pun mengajarkan sebuah perkataan positif (doa) dan bila dilafalkan pada pagi dan sore maka mudah-mudahan Allah SWT akan menghilangkan segala kesulitan dan melunasi utang-utangmu. 

Doa bebas dari utang

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ 

"Allahumma inni a'udzu bika minal hammi wal hazani wa a'udzu bika minal 'ajzi wal kasali wa a'udzu bika minal jubni wal bukhli wa a'udzu bika min ghalabatid daini waqahrir rijal." 

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan. Aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir. Aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia.   

Benar saja, menurut pengakuan Abu Umamah, usai ia mengamalkan dan membaca doa yang diajarkan Nabi, Allah menghilangkan kebingungan, kesedihan, kelemahan, kemalasan, ketakutan, dan utang-utangnya dapat dilunasi. (HR Abu Daud).

Mungkin diantara kita pun ada masalah serupa maka hal ini pun bisa dilakukan. Melangitkan doa pada pagi dan sore sesuai dengan ajaran Nabi. Niscaya semua masalah yang ada akan hilang.

Tulisan ini dibuat dari sudut pandang suami dimana dalam beberapa bulan terakhir ini ampun-ampunan dengan tagihan yang ada. Benar ada banyak tagihan berjalan, ada penghasilan yang masuk tapi dirasa masih saja kurang.

Posting Komentar untuk "Doa Bebas Utang"